Makalah Pengolahan dan Pemanfaatan Kacang Hijau

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Pada pembahasan kali ini, mengupas pembahasan mengenai tumbuhan kacang hijau. Tentulah hal ini bukanlah hal asing lagi ditelinga masyarakat mengenai tumbuhan ini, kebanyakan masyarakat belum mengetahui apa saja manfaat yang terkandung dalam kacang hijau. Kacang hijau sebagai bahan pangan sumber protein nabati sudah sangat populer dalam kehidupan sehari-hari. 
Bagi masyarakat Indonesia kacang hijau bisa dioleh menjadi berbagia macam jenis makanan, tetapi bagaimana jika kacang hijau digunakan untuk pengobatan terapi, tentu hal ini tak diketahui sebagian masyarakat luas. Karena latar belakang inilah kami akan memberikan penjelasan mengenai manfaat-manfaat dalam kacang hijau serta bagaimana cara mengelolanya. 

1.2. Rumusan Masalah 
1.3. Tujuan dan Manfaat Penulisan 

Tujuan yang akan dicapai berdasarkan masalah: memberikan sebuah informasi manfaat kacang hijau, cara pengelolaannya yang baik tanpa mengurangi gizi yang terkandung dalam kacang hijau serta proses pembudidayaannya. 

1.4. Metode Penelitian 
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pustaka (buku kacang hijau, becocok tanam palawija, internet) dan mengadakan penelitian langsung berdasarkan tumbuhan kacang hijau itu sendiri.
1.5. Sistematika Penulisan

BAB II
TEORI PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Kacang Hijau
Kacang hijau merupakan komoditas kacang-kacangan yang penting setelah kacang kedelai dan kacang tanah.
2.2. Manfaat-Manfaat Kacang Hijau
Manfaat kacang hijau dalam kehidupan manusia, sebagai bahan makanan manusia untuk pengobatan (terapi), dan untuk bahan makan ternak.
2.3. Kandungan Gizi Dalam Kacang Hijau
2.4. Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau
2.5. Proses Pembudidayaan Kacang Hijau Yang Baik
Proses pembudidayaan kacang hijau yaitu pengadaan benih, persiapan lahan, penanaman benih, pemberian muso, penyulaman, desinfektan benih, penyiraman, pemupukkan, penyiangan.

BAB III
MATERI PEMBAHASAN

3.1. Pengolahan Kacang Hijau

3.2. Pemanfaatan Kacang Hijau
BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
Tanaman kacang hijau sangat bermanfaat, dapat diolah menjadi beberapa aneka macam makanan, bahan pengobatan, karena gizi yang terkandung dalam tanaman kacang hijau sangat tinggi, kacang ini dikembang biakkan di Indonesia dengan proses pembudidayaan yang baik untuk mendapatkan kualitas terbaik.
4.2. Saran
Penanaman tanaman kacang hijau sebaiknya dilakukan ditempat yang terang agar pertumbuhannya lebih bagus dan lebih efektif untuk menghasilkan biji kacang hijau yang berkualitas. Dan sebaiknya percobaan di lakukan dalam waktu yang agak lama agar dapat mengetahui kualitas kacang hijau ditempat yang berbeda baik itu dalam kondisi terang dan gelap.

Download Makalah Pengolahan dan Pemanfaatan Kacang Hijau LENGKAP

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »