Skripsi PKP



LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)

“UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERVARIASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI 3 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH”


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Pembelajaran bidang studi matematika di Sekolah Dasar mengalami permasalahan yang cukup berarti. Ini dapat dilihat dari hasil ulangan siswa. Dalam hal ini menimbulkan pertanyaan dalam diri kita, kenapa demikian? Padahal soal yang diberikan kepada siswa pada umumnya mudah, dan apabila siswa mau memperhatikan penjelasan guru, pada waktu proses pembelajaran matematika berlangsung, siswa akan mengerti materi yang akan di ajarkan. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang minatnya dalam pelajaran matematika.
Apabila siswa berminat untuk mengulangi pembelajaran yang sudah diajarkan sebagai perbaikan, maka tidak akan menemui kesulitan yang berarti dan apabila di dukung dengan partisipasi orangtua dalam kegiatan pelajaran ini dengan suasana yang menyenangkan, akan merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Mengapa metode mengajar harus bervariasi?
Alasan mengapa metode mengajar harus bervariasi

B.     Rumusan Masalah
C.    Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


A.    Pengertian Matematika
Pembelajaran metematika adalah proses pemberian pengalaman belajar peserta didik melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga peserta didik memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Matematika menurut kurikulum sekolah 2004 adalah mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan melalui latihan-latihan atas dasar pemikiran logis, rasional, cermat, jujur, efektif dan efisien.

B.     Hakekat Belajar
Menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriono (2004:128) belajar adalah merupakan suatu proses perubahan di dalam tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut Thursan Hakim (2002), belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan pengetahuan, sikap, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan lainnya.

C.    Metode Pembelajaran

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
B.     Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran Tindak Lanjut

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »