LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)
“UPAYA MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERVARIASI MATA PELAJARAN
MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI 3 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH”
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembelajaran
bidang studi matematika di Sekolah Dasar mengalami permasalahan yang cukup
berarti. Ini dapat dilihat dari hasil ulangan siswa. Dalam hal ini menimbulkan
pertanyaan dalam diri kita, kenapa demikian? Padahal soal yang diberikan kepada
siswa pada umumnya mudah, dan apabila siswa mau memperhatikan penjelasan guru,
pada waktu proses pembelajaran matematika berlangsung, siswa akan mengerti
materi yang akan di ajarkan. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang
minatnya dalam pelajaran matematika.
Apabila siswa
berminat untuk mengulangi pembelajaran yang sudah diajarkan sebagai perbaikan,
maka tidak akan menemui kesulitan yang berarti dan apabila di dukung dengan
partisipasi orangtua dalam kegiatan pelajaran ini dengan suasana yang
menyenangkan, akan merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Mengapa
metode mengajar harus bervariasi?
Alasan
mengapa metode mengajar harus bervariasi
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
BAB
II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Matematika
Pembelajaran
metematika adalah proses pemberian pengalaman belajar peserta didik melalui
serangkaian kegiatan yang terencana sehingga peserta didik memperoleh
kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Matematika menurut
kurikulum sekolah 2004 adalah mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan
matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam
mempelajari berbagai ilmu pengetahuan melalui latihan-latihan atas dasar
pemikiran logis, rasional, cermat, jujur, efektif dan efisien.
B. Hakekat Belajar
Menurut Abu
Ahmadi dan Widodo Supriono (2004:128) belajar adalah merupakan suatu proses
perubahan di dalam tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya
dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut Thursan Hakim (2002), belajar adalah
suatu proses perubahan dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut
ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku
seperti peningkatan kecakapan pengetahuan, sikap, pemahaman, keterampilan, daya
pikir dan kemampuan lainnya.
C. Metode Pembelajaran
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
B.
Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
B.
Saran Tindak Lanjut
EmoticonEmoticon