MAKALAH KINGDOM ANIMALIA

BAB I
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

Hewan merupakan organisme atau makhluk hidup yang dapat kita jumpai pada berbagai tempat. Ada berbagai jenis hewan yang hidup di darat, di dalam air, di daerah tropis maupun subtropis, dan bahkan di daerah gurun yang sangat kering maupun daerah kutub yang sangat dingin. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dapat dibagi menjadi dua, yaitu: faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi gen dan hormon. Gen merupakan faktor keturunan yang diwariskan dari orang tua (induk) kepada keturunannua, sedangkan hormon merupakan senyawa organik yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan hewan. Faktor eksternal meliputi air, nutrisi, cahaya, aktivitas, dan lingkungan.
B. Rumusan Masalah
Agar pembahasan dalam makalah tidak meluas dan dapat menjadi tolak ukur dalam pembahasan makalah ini, makalah rumusan masalah dalam makalah ini sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud dengan Kingdom Animalia?
2. Bagaimana ciri-ciri Kingdom Animalia?
3. Klasifikasi apa saja yang ada di dalam Kingdom Animalia?
C. Tujuan
1. Memahami apa pengertian dari Kingdom Animalia.
2. Mengetahui ciri-ciri dari Kingdom Animalia.
3. Mengerti dan memahami klasifikasi dari Kingdom Animlia.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kingdom Animalia
Kingdom Animalia adalah bagian dari klasifikasi organisme yang bersifat heterotrof (tidak mampu membuat makanannya sendiri), eukariotik, dan multiseluler serta tidak memiliki dinding sel dan kloroplas. Singkatnya kingdom animalia dapat disebut dengan “hewan”, pembahasan seputar animalia sering disandarkan dengan plantae namun, keduanya memiliki pengertian dan berbagai ciri berbeda yang membuat mereka dapat dikatakan sebagai dua organisme yang berlainan (tidak sejenis), sehingga munculah sebuah pertanyaan “apa perbedaan antara plantae dan animalia?”, diantara perbedaan diantara keduanya adalah sifat masing-masing organisme tersebut, seperti: cara mendapatkan makanan, sel penyusunnya, dan jumlah selnya serta berbagai perbedaan lainnya.
B. Ciri-Ciri Kingdom Animalia
C. Klasifikasi Kingdom Animalia
Secara umum kingdom animalia memiliki 2 klasifikasi diantaranya: vertebrata (bertulang belakang) dan invertebrata (tidak bertulang belakang), berikutnya uraiannya:
1. Invertebrata (tidak memiliki tulang belakang)
2. Vertebrata (memiliki tulang belakang)

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran


Download Makalah Kingdom Animalia LENGKAP

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »