Makalah Sosiologi (Proses Terbentuknya Kelompok Sosial dan Perkembangan Kelompok Sosial)

MAKALAH SOSIOLOGI
PROSES TERBENTUKNYA KELOMPOK SOSIAL DAN 
PERKEMBANGAN KELOMPOK SOSIAL

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

Seiring perkembangan tersebut di atas, perkembangan sosial budaya yang bersistem pun bergulir mengikuti perkembangan zaman, fenomena tersebut mengundang tanya tentang arti penting sosial, peran-peran sosial dan dinamika sosial yang terjadi dalam kehidupan dunia, dan dasar inilah penulis bermaksud membahas “Proses Terbentuknya Kelompok Sosial dan Perkembangan Kelompok Sosial” sebagai upaya untuk mengungkap dan menjelaskan fakta-fakta ilmiah yang berkaitan dengan kelompok sosial dan perkembangannya di dalam masyarakat. 
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
BAB II 
PEMBAHASAN 

A. Definisi dan Ciri-Ciri Kelompok Sosial
B. Faktor Pendorong Timbulnya Kelompok Sosial
C. Proses Pembentuk Kelompok Sosial
D. Klasifikasi Kelompok Sosial
E. Perkembangan Kelompok Sosial


BAB III 
KESIMPULAN 

A. Kesimpulan

Kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama. Ada aksi dan ada reaksi. Pelakunya lebih dari satu. Antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok. Contoh guru mengajar merupakan contoh kelompok sosial antara individu dengan kelompok. Pada proses pembentukan kelompok sosial pun demikian, ada faktor-faktor tertentu yang mendorong manusia untuk membentuk dan bergabung dalam suatu kelompok sosial tertentu. Adapun dorongan tersebut antara lain : 

B. Saran
Kita sebagai makhluk sosial tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Salah satu bentuk kerja sama kita dengan orang lain yaitu dengan membentuk kelompok sosial. Maka saran dalam tujuan pembuatan makalah ini adalah membantu kita untuk mempermudah menyelesaikan suatu urusan, tugas atau tujuan dengan cara bekerja sama atau bersosialisasi dengan masyarakat atau pun teman dan orang-orang sekitar kita. 

DAFTAR PUSTAKA


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »