Contoh Form Assesmen Awal Medis Anak

Istilah identifikasi dan asesmen sering dipergunakan secara bergantian. Secara harfiah seseungguhnya identifikasi berbeda dengan asesmen. Identifikasi dini merupakan pada tahapan awal yang masih bersifat global/kasar dari asesmen yang lebih rinci dan hal detail. Tujuan dari identifikasi dini dan asesmen juga berbeda . Hal ini menyangkut kompetensi dan profesionalisme. Identifikasi dini sering dimaknai sebagai proses penjaringan awal mungkin, sedangkan asesmen dimaknai sebagai penyaringan. Identifikasi dini Anak Berkebutuhan Khusus dimaksudkan sebagai suatu upaya seseorang (orang tua, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya) untuk melakukan proses penjaringan terhadap anak yang mengalami kelainan/penyimpangan (phisik, intelektual, social, emosional/ tingkah laku) seawal mungkin dalam rangka pemberian layanan pendidikan yang sesuai. Hasil dari identifikasi adalah ditemukannya anak-anak berkebutuhan khusus yang perlu mendapatkan layanan pendidikan khusus melalui program inkulusi. 

Pengelompokan anak berkebutuhan khusus dapat dibagi menjadi: 1) Anak yang mengalami gangguan penglihatan; 2) Anak yang mengalami gangguan pendengaran; 3) Anak yang mengalami kelainan anggota tubuh/ gerakan; 4) Anak yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa; 5) Tunagrahita; 6) Anak lamban belajar; 7) Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik (disleksia, disgrafia, atau diskalkulia); 8) Anak yang mengalami gangguan komunikasi; dan 9) Anak yang mengalami gangguan emosi dan perilaku.

Secara umum tujuan identifikasi ini adalah untuk menghimpun informasi seawal munggkin apakah seorang anak mengalami kelainan/penyimpangan (phisik, intelektual, sosial, emosional, dan atau sensoris neurologis) atau tidak. Disebut mengalami kelainan/ penyimpangan tentunya harus dibandingkan dengan anak lain yang sebaya dengannya. Hasil dari identifikasi akan dilanjutkan dengan asesmen, yang hasilnya akan dijadikan dasar untuk penyusunan program pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan ketidakmampuannya. Dalam rangka pendidikan inklusi, kegiatan identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dilakukan untuk lima keperluan, yaitu: penjaringan (screening), pengalihtanganan (referal), klasifikasi, perencanaan pembelajaran, dan pemantauan kemajuan belajar. 

Berikut disajikan Contoh Form Assesmen Awal Medis Anak untuk Bapak dan Ibu download dengan mudah dan tanpa ribet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »