Makalah Hakikat Ilmu Kimia dan Metode Kimia

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

Kimia merupakan ilmu yang termasuk rumpun IPA, oleh karenanya kimia mempunyai karakteristik sama dengan IPA. Karakteristik tersebut adalah objek ilmu kimia, cara memperoleh, serta kegunaannya. Kimia merupakan ilmu yang pada awalnya diperoleh dan dikembangkan berdasarkan percobaan (induktif) namun pada perkembangan selanjutnya kimia juga diperoleh dan dikembangkan berdasarkan teori (deduktif). Kimia adalah ilmu yang mencari jawaban atas pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana gejala-gejala alam yang berkaitan dengan komposisi, struktur dan sifat, perubahan, dinamika, dan energetika zat. Sebenarnya apa yang menjadi hakikat ilmu kimia itu sendiri? 
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan


BAB II 
PEMBAHASAN 

A. Hakikat Ilmu Kimia
B. Metode Kimia
BAB III 
PENUTUP

A. Kesimpulan
Ilmu Kimia dibangun dan dikembangkan melalui kajian teoritis dan kajian empiris yang saling mendukung satu sama lain. Pengkajian teoritis merupakan usaha menerapkan hukum-hukum Fisika dan teori Matematika untuk mengungkapkan gejala alam. Pengkajian secara empiris merupakan usaha untuk menemukan keteraturan berdasarkan fakta yang ditemukan di alam dengan menggunakan teknik atau metode ilmiah. Pengembangan ilmu Kimia berdasarkan langkah-langkah sistematis disebut dengan metode ilmiah. Metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul dalam pikiran kita. 

B. Saran
Makalah yang kami susun semoga bisa membantu kita lebih memahami tentang apa itu yang dimaksud dengan hakikat ilmu kimia dan apa itu metode kimia. Jika dalam makalah kami ini masih terdapat banyak kekeliruan baik bahasa maupun pemahaman penyusun minta maaf dan mohon dimaklumin karena masih belajar dalam pembuatan suatu makalah dan semua itu didasari dengan tiadalah sesuatu yang sempurna yang bisa manusia ciptakan. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »