Laporan Praktek Bimbingan Konseling

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bimbingan Konseling sosial merupakan suatu jenis bimbingan untuk membantu individu dalam mengatasi kesulitan dalam sosial,sehingga individu dapat menyesuaikan diri sebaik-baiknya didalam lingkungan sosial. Upaya pemberian bantuan tersebut dilakukan dengan berbagai teknik layanan. Maka pengetahuan yang luas dari segi teori maupun praktek, sangatlah dibutuhkan bagi setiap pembimbing (konselor). Segi teori akan memberikan landasan pemahaman yang kuat sehingga layanan yang dilakukan tidaklah sembarangan. Segi praktek akan memberikan pengalaman pada berbagai bidang layanan, sehingga ia tidak akan canggung menerapkan pemahaman-pemahaman teoritis yang dikuasainya.
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup

Dalam praktek bimbingan konseling sosial luar sekolah ini ruang lingkupnya mencakup layanan bimbingan dan konseling ini mengacu pada pola 17 plus bimbingan dan konseling yaitu, pengertian, ruang lingkup, azas, fungsi BK, 8 bidang pengembangan yaitu bidang pengembangan pribadi, belajar, sosial, karir, kehidupan berkeluarga, dan bidang beperkerjaan, keagamaan dan bermasyarakat. Dalam layanan ini juga terdiri dari 10 jenis layanan yaitu layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, penguasaan konten, konseling perorangan, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konsultasi,advokasi dan mediasi. Serta 6 kegiatan pendukung meliputi aplikasi instrumentasi, himpunan data, konferensi kasus, alih tangan kasus, kunjungan rumah dan tampilan kepustakaan.
D. Sasaran Kegiatan
E. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

BAB II
RENCANA PROGRAM KEGIATAN 

A. Studi Kebutuhan
Secara umum bimbingan dapat diartikan sebagai upaya pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang yang ahli kepada individu maupun beberapa orang (kelompok) dengan memanfaatkan sarana-sarana, norma-norma yang berlaku maupun potensi pada individu itu sendiri, agar individu itu dapat mengembangkan segala kemampuannya sehingga ia dapat hidup mandiri dan bahagia. Sedangkan yang dimaksud dengan konseling adalah proses pemberian bantuan oleh seorang konselor kepada seorang atau beberapa orang melalui wawancara konseling dengan tujuan terselesaikannya masalah yang dialami oleh klien.
B. Program atau Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Layanan

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN 
BIDANG BIMBINGAN KONSELING SOSIAL 

A. Profil Panti Asuhan Zaam-Zaam Global Bentiring Bengkulu
B. Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
C. Penjelasan Kegiatan

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
Pelaksanaan kegiatan praktek bimbingan dan konseling sosial luar sekolah yang berlangsung lebih kurang 1 bulan yang di laksanakan di Panti Asuhan Zaam-Zaam Bentiring di bawah Yayasan Abii Umii Dunia Indonesia Internasional Kota Bengkulu. 
B. Saran
Karena panti ini dipercaya oleh masyarakat dalam membantu anak-anak yang kurang mampu dan anak yatim piatu maka kami berharap agar Bapak/Ibu yang mengelola panti dan kepada seluruh pengurus panti untuk lebih memperhatikan perkembangan anak-anak panti ke arah kemajuan dan juga ikut berperan aktif untuk mewujudkan masyarakat yang berkembang untuk lebih maju. 

Download Laporan Praktek Bimbingan Konseling

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »