Makalah TIK dalam Bidang Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi dan komunikasi. 
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan

Penulisan makalah bermanfaat sebagai penambah wawasan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi yang ada mulai dari pengertian, perkembangan, faktor-faktor, penggunaan TIK sebagai media pembelajaran, dampak positif dan negatif TIK, dan solusi dalam mengatasi dampak negatif TIK dalam bidang pendidikan. 

BAB II
PEMBAHASAN 

A. Pengertian TIK dalam Bidang Pendidikan

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
B. Perkembangan TIK dalam Bidang Pendidikan di Indonesia
Dalam dunia pendidikan, kehadiran teknologi informasi merupakan hal yang tidak bias ditawar-tawar lagi, dan merupakan penunjang utama dalam pengembangan dunia pendidikan yang semakin hari semakin kompleks, sehingga perlu adanya media handal, mampu memberikan inovasi dan menjadi solusi dari semua persolan yang ada.
C. Faktor-Faktor Mengapa TIK Diperlukan dalam Bidang Pendidikan di Indonesia
D. TIK sebagai Media Pembelajaran

Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai media pembelajaran dapat melalui pemanfaatan internet dalam e-learning maupun penggunaan komputer sebagai media interaktif. Diharapkan dengan penggunaan media ini dapat merangsang pikiran, perasaan, minat serta perhatian peserta didik sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat terjadi. Selain itu, proses pembelajaran akan lebih efektif karena penggunaan media pembelajaran memungkinkan teratasinya hambatan dalam proses komunikasi guru-peserta didik seperti hambatan fisiologis, psikologis, kultural, dan lingkungan.

E. Dampak Positif dan Negatif TIK dalam Bidang Pendidikan 
F. Solusi Dalam Mengatasi Dampak Negatif TIK dalam Bidang Pendidikan

BAB III
PENUTUP 

A. Kesimpulan
TIK bagi dunia pendidikan berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan. Faktor-faktor diperlukannya teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan di Indonesia, antara lain: keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya pendidikan di Indonesia, ketidakmerataan kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang merupakan hak setiap manusia dan model dan pendekatan pendidikan yang kurang relevan.
B. Saran
Hendaknya pendidik maupun calon tenaga pendidik serta peserta didik dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari teknologi komunikasi tidak terjadi. Sehingga pengawasan dan kontrol bagi peserta didik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi bisa teratasi dan jauh dari dampak negatif yang sangat dikhawatirkan.

Download Makalah TIK dalam Bidang Pendidikan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »