MAKALAH JENIS DAN BAGIAN PANGGUNG TEATER

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Panggung teater adalah area di mana para pemain tampil dan berinteraksi dengan penonton dalam sebuah pertunjukan teater atau juga bisa disebut dengan area di atas lantai teater yang digunakan sebagai tempat untuk para pemain dan kru teater tampil di depan penonton. Panggung teater biasanya terletak di bagian depan ruang teater dan terdiri dari area datar yang ditinggikan dari lantai ruangan. Panggung ini dapat memiliki berbagai bentuk dan ukuran tergantung pada desain teater dan jenis pertunjukan yang akan dipentaskan.
Dalam sejarah perkembangannya, seni teater memiliki berbagai macam jenis panggung yang dijadikan tempat pementasan. Perbedaan jenis panggung ini dipengaruhi oleh tempat dan zaman dimana teater itu berada serta gaya pementasan yang dilakukan. Bentuk panggung yang berbeda memiliki prinsip artistik yang berbeda. Misalnya, dalam panggung yang penontonnya melingkar, membutuhkan tata letak perabot yang dapat enak dilihat dari setiap sisi. Berbeda dengan panggung yang penontonnya hanya satu arah dari depan. Untuk memperoleh hasil terbaik, penata panggung diharuskan memahami karakter jenis panggung yang akan digunakan serta bagian-bagian panggung tersebut.
B. Rumusan Masalah
1. Mendeskripsikan secara ringkas jenis-jenis panggung teater .
2. Mendeskripsikan secara ringkas bagian-bagian panggung teater.
C. Manfaat
1. Mengetahui jenis jenis panggung teater, dan
2. Mengetahui bagian-bagian panggung teater.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Jenis-Jenis Panggung Teater
Panggung adalah tempat berlangsungnya sebuah pertunjukan dimana interaksi antara kerja penulis lakon, sutradara, dan aktor ditampilkan di hadapan penonton. Di atas panggung teater inilah semua laku lakon disajikan dengan maksud agar penonton menangkap maksud cerita yang ditampilkan. Untuk menyampaikan maksud tersebut pekerja teater mengolah dan menata panggung sedemikian rupa untuk mencapai maksud yang dinginkan. Seperti telah disebutkan di atas bahwa banyak sekali jenis panggung tetapi dewasa ini hanya tiga jenis panggung yang sering digunakan. Ketiganya adalah panggung proscenium, panggung thrust, dan panggung arena. Dengan memahami bentuk dari masingmasing panggung inilah, penata panggung dapat merancangkan karyanya berdasar lakon yang akan disajikan dengan baik.
1. Panggung Teater Arena
Gambar 1 merupakan jenis panggung teater arena. Panggung arena adalah panggung yang penontonnya melingkar atau duduk mengelilingi panggung. Penonton sangat dekat sekali dengan pemain. Agar semua pemain dapat terlihat dari setiap sisi maka penggunaan set dekor berupa bangunan tertutup vertikal tidak diperbolehkan karena dapat menghalangi pandangan penonton. Karena bentuknya yang dikelilingi oleh penonton, maka penata panggung dituntut kreativitasnya untuk mewujudkan set dekor. Segala perabot yang digunakan dalam panggung arena harus benar-benar dipertimbangkan dan dicermati secara hati-hati baik bentuk, ukuran, dan penempatannya. Semua ditata agar enak dipandang dari berbagai sisi.
2. Proscenium
Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium (proscenium arch). Bingkai yang dipasangi layar atau gorden inilah yang memisahkan wilayah akting pemain dengan penonton yang menyaksikan pertunjukan dari satu arah (Gambar 3). Dengan pemisahan ini maka pergantian tata panggung dapat dilakukan tanpa sepengetahuan penonton. Panggung proscenium sudah lama digunakan dalam dunia teater. Jarak yang sengaja diciptakan untuk memisahkan pemain dan penonton ini dapat digunakan untuk menyajikan cerita seperti apa adanya. Aktor dapat bermain dengan leluasa seolah-olah tidak ada penonton yang hadir melihatnya. Pemisahan ini dapat membantu efek artistik yang dinginkan terutama dalam gaya realisme yang menghendaki lakon seolah-olah benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata.
3. Thrust
Panggung thrust seperti panggung proscenium tetapi dua per tiga bagian depannya menjorok ke arah penonton. Pada bagian depan yang menjorok ini penonton dapat duduk di sisi kanan dan kiri panggung (Gambar 4). Panggung thrust nampak seperti gabungan antara panggung arena dan proscenium.
B. Bagian-Bagian Panggung Teater
Panggung teater modern memiliki bagian-bagian atau ruangruang yang secara mendasar dibagi menjadi tiga, yaitu bagian panggung, auditorium (tempat penonton), dan ruang depan. Bagian yang paling kompleks dan memiliki fungsi artistik pendukung pertunjukan adalah bagian panggung. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Seorang penata panggung harus mengenal bagian-bagian panggung secara mendetil. Gambar 5 menerangkan bagian-bagian panggung.
A : Border Pembatas yang terbuat dari kain. Dapat dinaikkan dan diturunkan. Fungsinya untuk memberikan batasan area permaianan yang digunakan.
B : Backdrop Layar paling belakang. Kain yang dapat digulung atau diturun-naikkan dan membentuk latar belakang panggung.
C : Batten. Disebut juga kakuan. Perlengkapan panggung yang dapat digunakan untuk meletakkan atau menggantung benda dan dapat dipindahkan secara fleksibel.
D : Penutup/flies. Bagian atas rumah panggung yang dapat digunakan untuk menggantung set dekor serta menangani peralatan tata cahaya.
E : Rumah panggung (stage house). Seluruh ruang panggung yang meliputi latar dan area untuk tampil.
F : Catwalk (jalan sempit). Permukaan, papan atau jembatan yang dibuat di atas panggung yang dapat menghubungkan sisi satu ke sisi lain sehingga memudahkan pekerja dalam memasang dan menata peralatan.
G : Tirai besi. Satu tirai khsusus yang dibuat dari logam untuk memisahkan bagian panggung dan kursi penonton. Digunakan bila terjadi kebakaran di atas panggung. Tirai ini diturunkan sehingga api tidak menjalar keluar dan penonton bisa segera dievakuasi.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Panggung teater adalah tempat yang penting dalam dunia teater, dan penggunaannya perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ukuran panggung, pencahayaan, tata suara, dan tata rias. 
B. Saran
Dengan perencanaan dan persiapan yang tepat, panggung teater dapat menjadi tempat yang luar biasa untuk mengalami pertunjukan teater yang menarik dan mengesankan.

File diatas merupakan sebagai dari data Makalah Jenis dan Bagian Panggung Teater format Ms. Word. Untuk file dan data yang lengkap dari Makalah Jenis dan Bagian Panggung Teater dalam didownload pada link dibawah ini.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »