MAKALAH FAKTOR KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI DUNIA

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap manusia, karena pendidikan merupakan kunci dari kemajuan suatu bangsa. pendidikan Islam adalah usaha orang dewasa muslim yang bertaqwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui ajaran Islam kearah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya. 
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, agar tidak pokok bahasan tetap pada masalah yang dibahas, maka rumusan masalah yang dapat penyusun sampaikan sebagai berikut:
C. Tujuan Masalah


BAB II 
PEMBAHASAN 

A. Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia 
B. Tokoh yang Mempengaruhi Kemajuan Peradaban Islam di Dunia 
C. Contoh Kemajuan dan Perkembangan Peradaban Islam di Dunia 
1. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Pakistan 
Islam masuk di Pakistan pada masa pemerintahan Khalifah Walid bin Abdul Mali yang berkasa dari tahun 705-715 dari dinasti Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus, Siria. Ketika itu, daerah Sind di Pakistan diperintah oleh keluarga Brahmana (kasta dari agama Hindu). Pemerintahan Sind akhirnya dapat ditahlukkan oleh pemerintah Islam di Damaskus ketika Khalifah Walid bin Abdul Malik mengirim pasukan Islam di bawah pimpinan Muhammad bin Qasim. Semenjak itu, Sind menjadi provinsi yang diperintah oleh pemerintah Islam dari berbagai dinasti silih berganti sehingga banyak orang asli daerah Sind yang memeluk Islam. 
2. Kemajuan dan Perkembangan Islam di India 
3. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Thailand 
Masuknya Islam ke Thailand berlangsung pada abad ke-10 melalui perdagangan-perdagangan dari Jazirah Arab. Mereka menyeberkan Islam di kalangan rakyat atau penduduk desa dan diterima dengan baik oleh rakyat Patani, kawasan selatan Thailand. Rakyat petani memeluk Islam secara sembunyi-sembunyi. Untuk tempat ibadah, mereka tidak membangun mesjid, tetapi hanya membangun bangunan semacam biara karena takut kepada raja yang memang bukan muslim. Hampir selama 300 tahun rakyat Patani memeluk agama Islam secara sembunyi-sembunyi. 
4. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Amerika 
Yang paling utama mendapatkan perhatiannya ialah pembenahan di bidang akidah. Ia menegaskan bahwa Fard Muhammad bukan Tuhan dan Elijah Muhammad bukan utusan Tuhan. Ia menyatakan bahwa Elijah Muhammad tidak benar yang mengaku sebagai utusan Tuhan. Waris Deen Muhammad juga menyatakan tidak benar Tuhan menurut Elijah Muhammad adalah Fard Muhammad. Untuk itu ia berusaha untuk menetapkan dua kalimat syahadat kepada para pengikutnya. Adapun usaha-usaha yang dilakukan oleh Waris Deen Muhammad adalah sebagai berikut: 
a. Pada tahun 1932 mendirikan sekolah rendah, sekolah wanita, dan universitas Islam di Detroit. 
b. Membentuk organisasi Islam yang menamakan Nation of Islam. 
c. Mendidik kader-kader Islam yaang terguh. 
d. Meningkatkan usaha dakwah Islam yang tidak saja ditujukan kepada orang kulit hitam, tetapi juga kepada seluruh umat manusia apa pun warna kulitnya. 
e. Meluruskan penyimpangan akidah berdasarkan Al-Quran dan Hadis. 
5. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Spanyol 
Di negeri Spanyol umat Islam perna mengalami masa jayanya, yaitu ketika berada di bawah kekuasaan Daulat Bani Umayyah mulai 713-1492 M. Banyak penninggalan dari peralatan Islam yang kini maasih dapat disaksikan sebagai saksi sejarah. Karena begitu lama hidup dan membentuk kultur Islam, maka sampai sekarang masih membeas pada masyarakat Spanyol meskipun usaha penguburan terhadap seluruh nilai-nilai yang mengandung keIslamnan terus berlangsung setelah Spanyol jatuh pada naungan Kristiani. Usaha pengekangan terhadap Islam berlangsung sampai abad ke-20 M. Baru pada tahun 1987, undang-undang Spanyol mengangkat semua agama pada tingkat yang sederajat dan mendapat perlakuan yang sama serta kebebasan beragama di jamin oleh hukum. Sekarang baru mulai tampak bahwa kegiatan keIslaman mulai hidup, sebagaimana di Cordova yang pernah menjadi kota kebanggaan umat Islam tempo dulu. Di Cordova ada peninggalan masjid yang megah dan pada akhir-akhir ini masjid raya itu sudah pernah digunakan untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha. 
6. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Belanda 
Agama Islam di negeri belanda telah berkembang berkat perjuangan dari Abdul Wahid van Bommel (warga negara belanda asli). Di sana berdiri organisasi Islam Federatie Organisaties Muslim Nederland yang diketuai oleh Abdul Wahid. Organisasi tersebut kemudian diubah menjadi Islamitische Informatie Cendrum. Melalui organisasi tersebut beliau berjuang menuntut hak guna dapat menunaikan shalat wajib 5 waktu dan termasuk shalat Jumat. Berdasarkan data statistik Central Burea de Statitick 1994, jumlah umat Islam belanda mencapai 3,7% (posisi ketiga) dari total penduduk 15.341.553 jiwa. Posisi pertama (32%) katolik roma dan posisi kedua (22%) pemeluk kristen protestan. Sebanyak 40% warga belanda mengaku tidak beragama dan sekitar 0,5% pemeluk hindu. 
7. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Inggris 
Dalam penyebaran Islam di inggris, Mozabores adalah seorang yang sangat berjasa dalam menyebarkan ilmu pengetahuan Islam. Mozabores mengganti namanya menjadi petrus al-ponsi. Ia juga seorang dokter istana raja inggris, Henry I. Itulah sebabnya di negeri itu perkembangan Islam cukup baik. Pengembangan Islam dilakukan pada hari-hari libur, seperti hari sabtu dan ahad, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. 
8. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Australia 
Pada abad ke-20 M perkembangan masjid di Australia cukup mengembirakan karena banyak masjid yang dibuat oleh arsitek yang berasal dari penduduk pribumi Australia, diantaranya sebagai berikut. 
9. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Sudan 
Islam masuk ke Sudan pada masa perluasan yang dilakukan oleh Abdullah bin Said bin Abi Sarah. Ia mencoba memasuki kota Noubah dua kali pada pemerintahan Utsman bin Affan, yaitu pada tahun 20 H (640 M) dan tahun 31 H (651 M). Kerajaan Islam di Sudan yang terkenal antara lain Kerajaan al-Funji 1505-1820 M, Kesultana Darafura tahun 1638-1875 M, dan Kerajaan Toqli tahun 1570 sampai akhir abad ke-19. 
10. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Baghdad 
Kota Baghdad didirikan oleh khalifah Abbasyiah kedua, yaitu Jafar Al Mansur pada tahun 762 M. Baghdad yang artinya taman keadilan ini dibangun oleh berbagai ahli bangunan dari mulai arsitek, senuman sampai para tukang kayu dan tukang batu serta tukang pahat yang didatangkan dari Syiria, Mosul, Basrah dan Kuffah dengan memperkerjakan sekitar 100.000 orang. Kota ini berbentuk bundar dan dikelilingi oleh tembok yang tinggi serta parit yang berfungsi sebagai saluran air dan benteng pertahanan. Untuk memasuki kota baghdad dapat melalui empat pintu, yaitu: 
11. Kemajuan dan Perkembangan Islam di Mesir 
Kairo sebagai ibu kota Mesir, dibangun pada tanggal 17 sya’ban 358 H oleh panglima perang dalam Dinasti Fatimiyah, Jawhar Al Sigili. Ia pula yang membangun Masjid Al Azhar yang kemudian berkembang enjadi universitas terkemuka yaitu Universitas al Azhar. 
D. Hikmah Kemajuan dan Perkembangan Peradaban Islam di Dunia 
Ada beberapa hal yang dapat kita ambil hikmahnya setelah kita belajar sejarah perkembangan dan kemajuan Islam, yaitu antara lain: 

BAB III 
PENUTUP 

A. Kesimpulan

Perkembangan Islam di dunia di awali ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT., dimana agama Islam pertama kali datang. Setelah Rasulullah wafat, maka perkembangan Islam dilanjutkan oleh para Sahabat Nabi, dan selanjutnya dilanjutkan oleh umat muslim sampai pada zaman modern sekarang ini.
B. Saran
Islam adalah agama yang cinta damai. Beranjak dari penjelasan kemajuan perabadan Islam di dunia, maka saran dari penyusun agar sesama umat beragama untuk saling menghargai, menghormati dan tolong menolong dalam bidang apapun, sehingga proses terbentuknya masyarakat rukun dan tentram dapat diciptakan sesuai dengan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Keberagamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh negara Indonesia dengan saling menghargai, menghormati dan tolong menolong merupakan kualitas kita dalam menciptakan agama Islam agama yang cinta damai. 

Download Makalah Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia LENGKAP

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »