20 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Secara etimologis, sosiologi berasal dari bahasa latin “socius” yang berarti teman dan bahasa yunani  “logos” yang berarti kata, perkataan, atau pembicaraan. Jadi secara harfiah sosiologi adalah membicarakan atau memperbincangkan teman pergaulan. Sosiologi juga dapat diartikan suatu ilmu tentang masalah-masalah sosial. Berikut 20 pengertian Sosiologi menurut para ahli:

1. Auguste Comte
Menurut Auguste Comte sosiologi berarti suatu studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis. Auguste Comte adalah seorang ahi filsafat berkebangsaan Prancis yang pertama kali itu menggunakan istilah sosiologi pada tahun 1839. Auguste Comte menggunakan istilah sosiologi sebagai pendekatan khusus untuk mempelajari tentang masyarakat. Auguste Comte juga dikenal sebagai “Baoak Sosiologi” karena member banyak sumbangan yang begitu penting terhadap sosiologi.

2. Roucek dan Warren
Menurut Roucek dan Warren sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia atau kelompok

3. Pitirim A. Sorokin
Menurutnya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonimi, keluargaan gejala moral). Sosiologi juga merupakan ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. Selain itu sosiologi juga merupakan ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

4. Emile Durkheim
Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni faka yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperaasaan yang berada diluar individu dimana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu

5.  Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial

6. Soejono Sukamto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat

7. William Kornblum
Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

8. Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempenagruhi sistem tersebut
Advertisement

9. Wiliam F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff
Sosiolgi adalah penelitian secara ilmiah terhadapa interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial

10. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk
Kehidupan kelompok tersebut.

11. Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilkaukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

12. J.A.A. Von Dorn dan C.J.Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil

13. Mayor Polak
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan yaitu hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

14. Hassan Shandily
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dana tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

15. Herbert Spenser
Sosiologi adalah ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan/suatu sistem

16. J. Gillin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul didalam masyarakat   

17. P. J. Baouman
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golongan manusia

18. Mr.  J. Bierens De Haan
Sosiolgi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekat, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakannya, mengenai kesehatan dan perkembangan masyarakat.

19. George Simmel
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perhubungan sesame manusia (Human Relationship)

20. Drs. Ary H. Gunawan
Sosiologi Pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecakan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »