Prinsip, Pendekatan dan Aspek Geografi

PRINSIP, PENDEKATAN DAN ASPEK GEOGRAFI 


PRINSIP GEOGRAFI

Prinsip geografi menjadi dasar pada uraian, pengkajian, pengungkapan gejala, variabel, faktor, dan masalah geografi. Pada waktu melakukan pendekatan terhadap objek yang dipelajari, dasar atau prinsip ini harus selalu menjiwainya. Secara teoretis, prinsip itu terdiri dari: 
A. Prinsip Penyebaran
B. Prinsip Interelasi
C. Prinsip Deskripsi
D. Prinsip Korologi


PENDEKATAN GEOGRAFI
Geografi merupakan pengetahuan yang mempelajarai fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Berdasarkan definisi geografi tersebut ada dua hal penting yang perlu dipahami, yaitu: 
A. Pendekatan Keruangan
B. Pendekatan Kelingkungan (Ecological Approach)
C. Pendekatan Kompleks Wilayah 

ASPEK GEOGRAFI

Dalam garis besar, geografi dapat dibagi menjadi dua bagian, geografi fisik dan geografi manusia. Fisik geografi studi tentang aspek-aspek fisik, sementara manusia-sosial-geografi studi tentang aspek-aspek sosial.Kedua aspek memiliki pengaruh pada lingkungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi: bantuan bumi, mineral dan struktur batuan, air, cuaca dan iklim, flora fauna juga. Sementara itu, aspek sosial melibatkan aspek sosial, ekonomi politik, dan budaya. Dalam geografi, aspek fisik dan aspek sosial selalu berhubungan dengan ilmu-ilmu lain. Secara umum Aspek Geografi dibagi menjadi dua yaitu : 
1. Aspek Fisis/Fisik
2. Aspek Sosial 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »