Makalah SMK Remedial Produktif (Kopling, Sistem Tranmisi, Bahan Bakar)

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu pelaksana pendidikan menengah kejuruan yang dikelola oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur). SMK memliki tujuan untuk memberikan bekal kemampuan kepada siswa agar menjadi tenaga kerja yang produktif, adaptif, dan kreatif serta mampu mengembangkan sikap yang profesional. Pendidikan menengah kejuruan merupakan pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu, kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja, melihat peluang kerja dan mengembangkan diri di kemudian hari. Dengan kata lain,  pendidikan kejuruan merupakan bagian dari sistem kependidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada satu kelompok pekerjaan. Pemerintah kita sangat gencar mempromosikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain menstimulasi minat generasi muda agar memilih sekolah kejuruan juga menyadarkan masyarakat bahwa sekolah kejuruan bukanlah sekolah dengan level yang lebih rendah dibanding sekolah umum.
Dalam peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 juga merumuskan bahwa Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK) mengutamakan kesiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap professional. Artinya, tujuan utama penyelenggaraan Pendidikan Kejuruan adalah mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga kerja dan mengembangkan eksistensi peserta didik, untuk kepentingan peserta didik, bangsa dan Negara.

B.     Rumusan Masalah
C.    Tujuan Makalah
D.    Manfaat Makalah

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Memperbaiki Unit Kopling Berikut Komponen-Komponen Sistem
B.     Memperbaiki Sistem Transmisi Manual
C.    Memperbaiki Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat penulis simpulkan bahwa makalah remedial produktif ini mungkin bisa bermanfaat baik bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan maupun bagi pihak Dunia Industri. Selain itu makalah ini juga menjadi referensi dimana siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan bisa mengasah ketrampilan mereka khususnya dalam hal praktik dimana mereka dapat belajar lebih luas mengenai dalam hal dunia kerja serta melatih siswa-siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.
B.     Saran 


Download Makalah SMK Remedial Produktif Lengkap

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »