MAKALAH APLIKASI PELAYANAN ADMINISTRASI PERPANJANGAN PERIZINAN PAUD di UPTD DIKNAS BENGKULU TENGAH

MAKALAH
APLIKASI PELAYANAN ADMINISTRASI PERPANJANGAN
 PERIZINAN PAUD DI UPTD DIKNAS BENGKULU TENGAH

A. Hasil Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan
Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah yang telah selesai dibuat diharapkan dapat membantu meningkatkan profesionalisme pegawai pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah dalam mengelola data perizinan PAUD. Sistem Informasi yang dibuat ini ditujukan kepada tenaga administrasi dalam memberikan laporan yang cepat dan akurat terhadap kebutuhan data dan informasi.
Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Untuk menjalankan sistem informasi yang telah dibuat, tidak serumit yang dibayangkan. Hasil dari sistem informasi yang dibuat disesuaikan dengan rancangan yang telah dibuat pada bab-bab sebelumnya terdiri dari Tampilan menu Login yang digunakan untuk masuk kedalam Sistem, tampilan menu Utama terdiri dari Menu File, Menu Laporan, Menu Pengaturan dan menu Keluar.

1. Tampilan Menu Login Sistem
Menu login sistem merupakan suatu menu atau halaman yang digunakan sebagai proses verifikasi awal oleh pengguna yang menjalankan program Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah. Sebelum dapat menjalankan Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah secara menyeluruh, seorang pengguna (admin) terlebih dahulu harus melakukan proses Login. Tampilan login Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah seperti terlihat pada gambar 4.1 dibawah ini:

2. Halaman Menu Utama
Halaman menu utama merupakan suatu halaman yang menampilkan secara keseluruhan dari Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah yang telah dibuat. Tampilan menu utama seperti terlihat pada gambar 3. dibawah ini :

a. Tampilan Menu File
Menu File ini merupakan menu yang penting, dimana pada sub menu File ini terdapat sub-sub menu yang digunakan untuk mengentrikan atau memasukkan data-data yang berhubungan dengan Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah. Menu File pada Sistem Informasi yang dibuat saat ini memiliki 3 (tiga) sub menu terdiri dari : sub menu Pemilik PAUD, sub menu data PAUD dan sub menu Perpanjangan Izin Operasional seperti terlihat pada gambar 4. dibawah ini:

b. Tampilan Menu Laporan
Sub menu laporan pada Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan menu yang digunakan untuk menampilkan laporan yang siap dicetak kedalam lembar kertas kerja hasil dari pengolah data. Pada menu laporan pada Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah ini, memiliki sub menu terdiri dari 4 (empat) sub menu yaitu : sub menu Laporan Surat Izin Perpanjangan Operasional PAUD, sub menu Laporan Data PAUD Naungan UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah, sub menu Laporan Daftar PAUD memperpanjang Izin Operasional dan Rekapitulasi Perpanjangan Izin Operasional PAUd yang masing-masing menu berfungsi untuk menampilkan hasil pengolah data sistem Sistem Administasi Perpanjangan Perizinan PAUD Kabupten Bengkulu Tengah. Tampilan menu laporan pada Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah seperti terlihat pada gambar 8. dibawah ini.

c. Sub Menu Pengaturan
Sub menu pengaturan merupakan menu yang digunakan untuk menambah, menghapus maupun meng-edit daftar admin yang dapat menjalankan Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah. Pada sub menu setting memiliki 1 (satu) sub menu admin yang digunakan sebagai menu input data admin. Tampilan menu pengaturan seperti terlihat pada gambar 4.13. dibawah ini:

d. Sub Halaman Menu Keluar
Menu Keluar merupakan menu yang digunakan untuk keluar dari Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah. Setelah menu Keluar di pilih, sistem akan memberikan konfrimasi berupa pertanyaan “Yakin Anda Akan Keluar dari Aplikasi ini?”. Apabila admin memilih tombol Yes maka sistem informasi akan tertutup, namun apabila admin menekan tombol No, maka admin akan kembali ke menu Utama Sistem yang telah dibuat. Adapun tampilan menu Keluar pada Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah adalah sebagaimana terlihat pada gambar 15. dibawah ini:

B. Hasil Pengujian
Adapun dalam pengujian Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah terdiri dari:
1. Tampilan Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah.
2. Kemudahan Program
3. Pengujian Kebutuhan dan Kebenaran Data
4. Pengujian Keamanan dan Ketelitian
5. Pengujian Laporan

C. Kesimpulan
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan suatu Unit yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu dengan salah satu kegiatannya adalah berhubungan dengan izin operasional lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah saat ini dalam melakukan pengolahan data PAUD telah memanfaatkan teknologi melalui penggunaan komputer, akan tetapi belum integrasi kedalam sistem komputer dan belum terprogram secara khusus pada suatu Sistem Informasi. Sedangkan kegiatan secara umum masih menggunakan cara-cara konvensional dengan melakukan pencatatan dalam kertas kerja dalam format aplikasi, sehingga memerlukan waktu yang lama untuk dalam pemrosesan data PAUD. Proses pemasukan data terhadap Sistem Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan Operasional Pendirian PAUD Pada UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah yang dilakukan dapat memberikan laporan berupa laporan Surat Izin Perpanjangan Operasional PAUD laporan Data PAUD Naungan UPTD Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah, laporan Daftar PAUD memperpanjang Izin Operasional dan Rekapitulasi Perpanjangan Izin Operasional PAUD.

D. Saran
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah sebaiknya menggunakan Sistem Administrasi Perpanjangan Perizinan PAUD Kabupten Bengkulu Tengah untuk meningkatkan professional kinerjanya. Sistem yang dibuat sangat penting bagi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Diknas Kabupaten Bengkulu Tengah.

Data diatas merupakan sebagian data dari Makalah Aplikasi Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan PAUD di UPTD DIKNAS Bengkulu Tengah. Untuk lengkapnya dapat di download pada link dibawah ini:
DOWNLOAD Makalah Aplikasi Pelayanan Administrasi Perpanjangan Perizinan PAUD di UPTD DIKNAS Bengkulu Tengah Lengkap

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »