LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri (Modul 6 Pendalaman Materi Pembelajaran Berbasis TIK) PPG-PGSD
Judul Modul : Pendalaman Materi Pembelajaran di SD Berbasis TIK
Judul Kegiatan Belajar (KB)
1. Kegiatan Belajar 1: Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK
2. Kegiatan Belajar 2: Media Pembelajaran Tematik berbasis TIK
3. Kegiatan Belajar 3: LKPD Pembelajaran Tematik berbasis TIK
4. Kegiatan Belajar 4: Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini
1. Kegiatan Belajar 1: Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK
- Pembelajaran Tematik Berbasis TIK di SD
- Pembelajaran Remedial Berbasis TIK di SD
- Pembelajaran Pengayaan Berbasis TIK di SD
- Bahan Ajar Tematik Berbasis TIK
2. Kegiatan Belajar 2: Media Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang efektif.
3. Kegiatan Belajar 3: LKPD Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Hakikat LKPD merupakan salah satu sarana yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar untuk membantu dan mempermudah terjadinya interaksi yang aktif dan efektif antara peserta dengan sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka.
4. Kegiatan Belajar 4: Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Hakikat Palikasi Pembelajaran Berbasi TIK adalah membangun interaksi positif antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan semua sumber belajar melalui jaringan TIK. Peran TIK dalam jaringan adalah sebagai alat bantu atau alat pendukung pembelajaran, bukan sebagai subjek pendidikan yang dapat menggantikan peran guru secara keseluruhan. Interaksi positif yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan jaringan TIK akan lebih optimal ketika kontrol yang ketat dapat dilakukan oleh peserta didik dan seluruh pihak yang terlibat dalam praktik pendidikan. Dengan demikian, peran TIK dalam pendidikan adalah untuk memperkuat proses interaksi tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini
1. Penyusunan bahan ajar
2. Pembuatan media pembelajaran
Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi
1. Remidial
2. Pengayaan
Judul Modul : Pendalaman Materi Pembelajaran di SD Berbasis TIK
Judul Kegiatan Belajar (KB)
1. Kegiatan Belajar 1: Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK
2. Kegiatan Belajar 2: Media Pembelajaran Tematik berbasis TIK
3. Kegiatan Belajar 3: LKPD Pembelajaran Tematik berbasis TIK
4. Kegiatan Belajar 4: Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini
1. Kegiatan Belajar 1: Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK
- Pembelajaran Tematik Berbasis TIK di SD
- Pembelajaran Remedial Berbasis TIK di SD
- Pembelajaran Pengayaan Berbasis TIK di SD
- Bahan Ajar Tematik Berbasis TIK
2. Kegiatan Belajar 2: Media Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang efektif.
3. Kegiatan Belajar 3: LKPD Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Hakikat LKPD merupakan salah satu sarana yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar untuk membantu dan mempermudah terjadinya interaksi yang aktif dan efektif antara peserta dengan sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka.
4. Kegiatan Belajar 4: Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK
Hakikat Palikasi Pembelajaran Berbasi TIK adalah membangun interaksi positif antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan semua sumber belajar melalui jaringan TIK. Peran TIK dalam jaringan adalah sebagai alat bantu atau alat pendukung pembelajaran, bukan sebagai subjek pendidikan yang dapat menggantikan peran guru secara keseluruhan. Interaksi positif yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan jaringan TIK akan lebih optimal ketika kontrol yang ketat dapat dilakukan oleh peserta didik dan seluruh pihak yang terlibat dalam praktik pendidikan. Dengan demikian, peran TIK dalam pendidikan adalah untuk memperkuat proses interaksi tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini
1. Penyusunan bahan ajar
2. Pembuatan media pembelajaran
Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi
1. Remidial
2. Pengayaan
***********
LK1 diatas merupakan sebagian dan Screen Shoot dari file Ms. Word. Untuk download lengkap LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri (Modul 6 Pendalaman Materi Pembelajaran Berbasis TIK) dapat di download pada link dibawah ini:
DOWNLOAD LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri (Modul 6 Pendalaman Materi Pembelajaran Berbasis TIK) Lengkap
DOWNLOAD LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri (Modul 6 Pendalaman Materi Pembelajaran Berbasis TIK) Lengkap
Traktir Ngopi Disini.!
Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagai Donasi. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon