Makalah Tolak Peluru

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Cabang olahraga atletik adalah ibu dari sebagian besar cabang olahraga (mother of sport), di mana gerakan-gerakan yang ada dalam atletik seperti: jalan, lari, lompat dan lempar dimiliki oleh sebagian besar cabang olahraga, sehingga tak heran jika pemerintah mengkategorikan cabang olahraga atletik sebagai salah satu mata pelajaran pendidikan jasmani yang wajib diberikan kepada para siswa.
B.   Tujuan Makalah
1.    Mengetahui sejarah atletik.
2.    Mengetahui pengertian tolak peluru.
3.    Mengetahui sejarah tolak peluru.
4.    Mengetahui teknik dasar permainan tolak peluru.
5.    Mengetahui peraturan permainan tolak peluru. 
C.   Rumusan Masalah
1.    Bagaimanakah sejarah atletik berkembang?
2.    Apa yang dimaksud dengan tolak peluru?
3.    Bagimanakah sejarah tolak peluru berkembang?
4.    Apa sajakah teknik dasar dalam memainkan tolak peluru?
5.    Apa sajakah peraturan permainan tolak peluru?
D.   Maanfaat Penulisan Makalah
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tentang cabang atletik tolak peluru mulai dari perkembangan atletik itu sendiri, pengertian tolak peluru, sejarah dan perkembangan tolak pelur, teknik dasar dalam memainkan tolak peluru, peraturan permainan tolak peluru yang dapat menambah wawasan dan pembelajaran dalam mata pelajaran olahraga yang ada di sekolah.
  
BAB II
PEMBAHASAN
  
A.   Sejarah Atletik
Atletik dalam bahasa Inggris adalah "Athletic", berbeda dengan bahasa Yunani, dalam bahasa Inggris dan Jerman Atletik mempunyai arti yang lebih luas yaitu berbagai macam cabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan seperti bolabasket, sepakbola,tenis, renang, senam dan beberapa olahraga lainnya. Dalam Sejarah, Yunani adalah bangsa pertama yang menyelenggarakan perlombaan Atletik. Hal ini dapat kita ketahui dari karya pujangga asal Yunani Purba bernama Homerus. Atletik berasal dari bahasa Yunani yaitu "Athlos" artinya adalah Lomba. Pada waktu itu cabang olahraga atletik dikenal dengan pentahhlon atau panca lomba dan decathlon atau dasa lomba. 
B.   Pengertian Tolak Peluru
Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik dalam nomor lempar. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Peluru ini merupakan peralatan utama dalam olahraga ini. Bentuknya bulat seperti bola dan terbuat dari besi. Beragam kegiatan lempar beban telah ada lebih dari 2000 tahun lalu di Kepulauan Britania. Pada awalnya, kegiatan ini diselenggarakan dengan menggunakan bola batu. Sementara kegiatan pertama yang menggambarkan tolak peluru modern, tampaknya terjadi di zaman pertengahan ketika serdadu menyelenggarakan pertandingan dengan melempar beban yang disebut canon balls atau peluru meriam. Pertandingan tolak peluru tercatat pada awal abad ke-19 di Skotlandia dan merupakan bagian dari kejuaraan amatir di Inggris tahun 1866. Tolak peluru merupakan event olimpiade modern asli yang diadakan di Athena, Yunani tahun 1896.
C.   Sejarah Tolak Peluru
D.   Teknik Dasar Tolak Peluru
E.   Peraturan Permainan Tolak Peluru

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
B.   Saran
Cabang atletik tolak peluru merupakan salah satu cabang atletik yang harus dikembangkan di sekolah dalam mata pelajaran Olahraga supaya pengenalan tentang tolak peluru dapat dimengerti oleh siswa dan siswi selain itu untuk memotivasi dan merangsang siswa dan siswi di sekolah dalam pertumbuhan dan perkembangan untuk mencintai olahraga supaya keingintahuan tentang dunia olahraga bertambah.


Download Makalah Tolak Peluru Lengkap

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »