Makalah Media Sosial


BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar belakang

Sosial media merupakan sebuah aplikasi berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. Jika kita menggunakan sosial media itu dengan benar maka kita tidak mempunyai masalah saat menggunakan aplikasi sosial media itu. Akhir akhir ini, masalah tentang menggunakan sosial media sering terjadi akibat penyalahgunan sosial media tersebut. Penyalahgunaan bisa terjadi karena pencemaran nama baik, pembagian situs jebakan, dan dibajak akunya oleh teman. Karena itu, di dalam makalah ini akan diungkap sampai sejauh mana cara penggunaan sosial media sampai sekarang 
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan

BAB II 
PEMBAHASAN 

A. Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. 
B. Peran Media Sosial
C. Dampak Penggunaan Media Sosial
D. Bahaya yang Ditimbulkan Sosial Media

Internet atau Sosial Media mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga kita bahkan mungkin dalam sehari kita dapat mengakses internet beberapa kali dan berjam-jam. Tapi tahukah kita bahaya internet yang sering kita buka hampir setiap hari itu? bukan hanya bahaya untuk anak-anak tetapi juga untuk kita sendiri. Agar kita lebih jelas tentang bahaya internet, berikut ini akan dijelaskan bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dari internet yang sering kita buka tersebut. 
E. Cara Mengatasi Anak tidak Mengakses Informasi Negatif Di Internet
Anak-anak dan remaja saat ini menjadi salah satu generasi internet. Dapat dilihat sekarang ini di kalangan remaja bahkan anak-anak sekalipun sangat fasih menggunakan internet. Banyak informasi yang didapat dari internet bahkan internetpun sekarang dapat menandingi televisi dalam hal memberikan informasi-informasi. Namun sayangnya, karena mudahnya mengakses informasi itulah para orang tua jadi mulai mengkhawatirkan kelayakan informasi-informasi yang dapat dengan mudahnya diakses oleh anak-anak mereka. Walau internet bisa berbahaya, bukan menjadi alasan bagi orang tua untuk menghalangi anak-anak mereka untuk menjelajahi dunia maya. Untuk itu, di sini akan dibahas bagaimana mengatasi anak untuk menghindari mengakses informasi negatif di internet. Berikut ini tip-tip yang dapat kita lakukan untuk menjaga anak kita dari bahaya internet: 

BAB III 
PENUTUP 

A. Kesimpulan
B. Saran

Disarankan untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada serta memanfaatkan jejaring sosial secara benar dan sesuai dengan norma-norma di masyarakat. Kita perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook, Twitter, dan lain - lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »