Laporan PKP PAUD


PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENGATASI
KESULITAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B
PAUD RA. KARTINI DESA TALANG PAUH


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, maka rumusan masalah adalah “apakah dengan penerapan metode bercakap-cakap dapat mengatasi kesulitan berbicara pada anak usia dini di PAUD RA. Kartini Desa Talang Pauh Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.
C. Tujuan Perbaikan
Tujuan umum penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode bercakap-cakap dalam mengatasi kesulitan berbicara pada anak PAUD RA. KARTINI Talang Pauh kecamatan pondok kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.
D. Manfaat Perbaikan

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Konsep Bercakap-cakap
B. Berbicara

BAB III
RENCANA PERBAIKAN

A. Subjek Penelitian
B. Diskripsi Rencana Tiap Siklus

Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari pembelajaran 5 RKH 5 Skenario Perbaikan, 5 Observasi dalam pelaksanaan kegiatan perbaikan pembelajaran di susun secara rinci yang di mulai dengan membuat perencanaan. Pelaksanaan pembelajaran lembar observasi dan lembar repleksi, yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kelebihan dan kelemahan pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat di laksanakan berikutnya.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di PAUD RA. Kartini Jalan Talang Pauh Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam bercakap-cakap lebih meningkat di siklus kedua hal ini terlihat dari kemampuan 10 orang anak hanya satu orang yang belum mampu dalam bercakap-cakap atau sekitar 90%. Sedangkan pada siklus satu hanya 6 orang anak atau 60% yang mampu bercakap-cakap dan 4 orang anak yang belum mampu bercakap-cakap dari 10 orang anak.
B. Saran
1. Guru PAUD diharpakan terus mengikuti perkembangan tentang pendidikan anak usia dini sehingga meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.
2. Kemampuan bercakap-cakap perlu diasah melalui kegaitan-kegiatan yang merangsang kreativitas anak dalam bercakap-cakap dengan memberikan motivasi dan dukungan kepada anak di sekolah maupun di rumah.
3. Guru PAUD diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak melalui percakapan dengan benar dan bisa menarik perhatian anak secara keseluruhan guna untuk meningkatkan kemampuan bercakap-cakap anak.
4. Dalam peningkatkan kemampuan anak melalui percakapan guru dapat menggunakan kehidupan nyata dengan demikian diharapkan kemampuan bercakap-cakap anak menjadi lebih berkembang.

DAFTAR PUSTAKA


Laporan PKP Metode Bercakap Kesulitan Bicara Pada Anak

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »