Makalah Rasm Al-Qur'an


BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
Rasmul qur’an merupakan salah satu bagian disiplin ilmu alqur’an yang mana di dalamnya mempelajari tentang penulisan Mushaf Al-Qur’an yang dilakukan dengan cara khusus, baik dalam penulisan lafal-lafalnya maupun bentuk-bentuk huruf yang digunakan. Rasimul Qur’an dikenal juga dengan nama Rasm Utsmani. Tulisan Al-Quran ‘Utsmani adalah tulisan yang dinisbatkan kepada Sayyidina Utsman Ra. (Khalifah ke III). Istilah ini muncul setelah rampungnya penyalinan Al-Quran yang dilakukan oleh team yang dibentuk oleh Ustman  pada tahun 25H. oleh para Ulama cara penulisan ini biasanya di istilahkan dengan “Rasmul ‘Utsmani’, yang kemudian dinisbatkan kepada Amirul Mukminin Ustman Ra.
Para Ulama berbeda pendapat tentang penulisan ini, diantara mereka ada yang berpendapat bahwa tulisan tersebut bersifat taufiqi (ketetapan langsung dari Rasulullah), mereka berlandaskan riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah menerangkan kepada salah satu Kuttab (juru tulis wahyu) yaitu Mu’awiyah  tentang tatacara penulisan wahyu. diantara Ulama yang berpegang teguh pada pendapat ini adalah Ibnul al-Mubarak dalam kitabnya “al-Ibriz” yang menukil perkataan gurunya “ Abdul ‘Aziz al-Dibagh”, “bahwa tlisan yang terdapat pada Rasm ‘Utsmani semuanya memiliki rahasia-rahasia dan tidak ada satupun sahabat yang memiliki andil, sepertihalnya diketahui bahwa al-Quran adalh mu’jizat begitupula tulisannya”. Namun disisi lain, ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa, Rasmul Ustmani bukanlah tauqifi, tapi hanyalah tata cara penulisan Al-Quran saja.

B.   Rumusan Masalah
1.         Apa pengertian rasmul qur’an?
2.         Apa pendapat para ulama tentang rasmul qur’an?
3.         Bagaimana kaitanya rasmul qur’an dengan qiraah?

C.   Tujuan Penulisan
Makalah ini dimaksudkan agar kita lebih mengerti tentang ilmu al qur’an, khususnya tentang ilmu Rasmul Qur’an, dan kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa khususnya bagi diri kami sendiri.


BAB II
PEMBAHASAN


A.   Pengertian Rasmul Qur’an dari Berbagai Sumber
B.   Pendapat Para Ulama Tentang Rasmul Qur’an
C.   Kaitan Rusmul Qur’an Dengan Qira’at


BAB III
PENUTUP


A.   Kesimpulan
1.  Rasmul Qur’an atau Rasmul Ustmani adalah tata cara menuliskan Al-qur’an yang ditetapkan pada masa Khalifah Ustman Bin Affan dengan kaidah-kaidah tertentu.
2.  Sebagian para ulama berpendapat bahwa Rasmul Qur’an bersifat Tauqifi, tapi sebagian besar para ulama berpendapat bahwa Rasmul Qur’an bukan tauqifi, tetapi merupakan kesepakatan cara penulisan yang disetujui ustman dan diterima umatnya, sehingga wajib wajib diikuti dan di taati siapa pun ketika menulis Al-Qur’an. Tidak boleh ada yang menyalahinya.
3.  Hubungan antara rasmul qur’an dan qira’ah sangat erat sekali Karena semakin lengkap petunjuk yang dapat ditangkap semakin sedikit pula kesulitan untuk mengungkap pengertian-pengertian yang terkandung didalam Al-qur’an. Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa keberadaan mushaf ‘ustmani yang tidak berharakat dan bertitik ternyata masih membuka peluang untuk membacanya dengan berbagai qira’at. Hal itu di buktikan dengan masih terdapatnya keragaman cara membaca Al-Qur’an.

B.   Kritik dan saran


Download Makalah Rasm Al-Qur'an Lengkap

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »