Makalah Penginderaan Jarak Jauh

BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang
Penginderaan jauh berkembang sangat pesat sejak lima dasawarsa terakhir ini. Perkembangannya meliputi aspek sensor, wahana atau kendaraan pembawa sensor, jenis citra serta liputan dan ketersediaannya, alat dan analisis data, dan jumlah pengguna serta bidang penggunaannya.
Di Indonesia, penggunaan foto udara untuk survey pemetaan sumber daya telah dimulai oleh beberapa instansi pada awal tahun 1970-an. Saat ini telah beredar banyak jenis satelit sumber daya. Mulai dari negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jepang, Rusia, hingga negara-negara besar namun dengan pendapatan per kapita yang rendah seperti India dan Republik Rakyat Cina. Berbagai satelit sumberdaya yang diluncurkan itu menawarkan kemampuan yang bervariasi, dari resolusi spasial 0,6 meter (QuickBirth milik Amerika) hingga sekitar 1,1 kilometer (NOAA-AVHRR juga milik Amerika Serikat). Berbagai negara di Eropa,  Amerika Utara, Amerika Latin, Asia dan bahkan Afrika telah banyak memanfaatkan satelit itu untuk pembangunan.
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Penginderaan Jauh
2.2. Manfaat Penginderaan Jauh
2.3. Komponen Penginderaan Jauh
2.4. Sistem Penginderaan Jauh
2.5. Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
2.6. Unsur Interpretasi Citra

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
3.2. Saran

Teknologi sudah semakin maju, penginderaan jauh yang awalnya hanya menggunakan citra foto udara dengan wahana balon udara kini telah banyak dikembangkan dengan munculnya citra satelit yang tentu saja cara kerjanya lebih canggih. Penggunaan citra satelit hendaknya lebih di dikembangkan lagi dan pemanfaatanya lebih dioptimalkan.


Download Makalah Penginderaan Jarak Jauh Lengkap

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »